Hidupkan Ruang dengan Aksesori dan Pernik Bagian 2

Keselarasan Pandangan Prima Haris, desainer interior menyebut dengan istilah “pleasing the eyes“. Ada kalanya kita terpaksa harus menggabung beberapa jenis pernik dalam satu tempat. Ini boleh-boleh saja asal hasil gabungannya tetap tampil indah dan enak dilihat. Prima mengemukakan setidaknya ada 4 unsur desain yang dipakai untuk menentukan poin ini yaitu: bentuk, rupa, tekstur, dan skala.

Di luar keempat unsur ini, prinsip keindahan seperti komposisi juga berperan penting. Skala berkaitan tentang kenyamanan pandang dan bagaimana aksesori yang kita hadirkan dapat terlihat dengan jelas dan nyaman. Misalnya ketika menaruh bingkai pada dinding. Sesuaikan ukuran bingkai, agar tidak “tenggelam” oleh luasnya permukaan dinding. Selain ukuran, penekanan pada bentuk-bentuk khusus yang menarik, warna dan motif, juga harus diperhatikan.

Cermin berbingkai pada panel di belakang credenza ini diletakkan tepat di tengah panel. Ketinggiannya mengikuti ketinggian mata manusia saat memandang. Di bawahnya, di atas meja, diletakkan pernik yang memadukan aneka bentuk yang berbeda namun terlihat harmonis. Benda-benda ini menjadi harmonis karena ada benang merah yang menyatukan semua benda, yakni motif bunga kecil (terlihat pada pakaian wayang dan ukiran kayu), serta warna hitam-putih yang menonjol.

This entry was posted in Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *