Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dari Limbah Perca Bagian 2

Produk lainnya adalah aksesori, misalnya tempat tisu, tempat pinsil, tatakan piring dan gelas, bando, dan pita rambut. Membantu Ekonomi Keluarga Di Koperasi Wanita Melati ini, Rini bertanggung jawab menyeluruh, mulai menyediakan bahan baku hingga memasarkan keset.

Semua berorientasi pada pemberdayaan perempuan agar bisa meningkatkan perekonomian keluarga. “Berapapun nilai rupiah yang diperoleh dari pengolahan limbah perca ini merupakan harapan akan adanya penghidupan dan pendidikan anak yang lebih baik,” jelas ibu 3 anak ini.

Para ibu dibebaskan bekerja di rumah atau di bengkel kerjanya. Dari keuntungan yang diperoleh, anggota menabung di koperasi, dan suatu saat bisa kredit konsumtif untuk membeli televisi dan motor atau kredit produktif untuk biaya pendidikan anak dan mengembangkan usaha keluarga. Bagi yang belum memiliki mesin jahit juga dibantu dengan sistem bagi hasil keuntungan.

Untuk menjaga kesinambungan usaha koperasi, Rini mengikuti berbagai pameran, dari yang kecil hingga besar, yaitu Ungaran Fair, Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP) di Semarang, Pekan Raya Jakarta (PRJ), dan Inacraft. Biasanya, setelah pameran, Rini kebanjiran pesanan dari berbagai kota.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *