Apa Itu Teknologi? Pengertian Teknologi Menurut Ahli

Teknologi adalah seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki untuk nantinya menyediakan barang-barang yang akan dibutuhkan untuk keberlangsungan kehidupan manusia lainnya, selain itu juga untuk mendapatkan suatu kenyamanan bagi kehidupan manusia.

Penggunaan suatu teknologi di awali dari seorang umat manusia yang mengubah sumber daya alam menjadi berbagai perlengkapan dan peralatan yang sederhana namun dapat membantu semua kebutuhan yang akan dibutuhkan oleh manusia di masa yang akan datang.

  1. Nasibit

Nasibit mengatakan bahwa teknologi artinya adalah sebuah benda yang juga sekaligus menjadi objek dengan adanya bahan, dan wujud yang berbeda-beda dibandingkan dengan kemampuan manusia biasa.

  1. Poerbahawadja Harahap

Teknologi mengacu di dalam sebuah ilmu pengetahuan yang di dalamnya dapat diselidiki mengenai cara kerja di bidang teknik tertentu, yang dapat mengacu di dalam sebuah ilmu pengetahuan yang dapat digunakan di perusahaan industri tertentu, dan pabrik tertentu. Dan dimana definisi ini dapat mengacu di dalam definisi praktis dan juga teknologi yang dapat digunakan dan ditemukan di dalam pabrik dan industri tertentu.

Baca Juga: Kerja di jerman

  1. Miarso

Mengungkapkan pendapat lain yaitu menyatakan bahwa teknologi adalah suatu bentuk proses yang dapat meningkatkan suatu nilai tambah. Proses tersebut dapat menghasilkan produk tertentu yang dimana produk tersebut tidak berpisah dengan produk lainnya yang sudah ada. Hal tersebut merupakan sebuah bagian yang sangat kompleks dan terdapat di dalam suatu sistem tertentu.

Sejarah Perkembangan Teknologi

Inovasi berupa teknologi saat ini kian berkembang di dalam abad pertengahan. Teknologi di abad pertengahan tersebut juga banyak yang menggunakan mesin yang sederhana seperti halnya tuas, katrol, dapat dibentuk menjadi suatu barang yang lebih berguna dengan menggabungkan kegunaan dua benda tersebut.

Di zaman renaisans, sudah ditemukan teknologi sederhana berbentuk mesin cetak yang akan memungkinkan dokumentasi mengenai pengetahuan yang lebih luas, dan juga teknologi yang dapat menunjukkan ketergantungan dengan adanya ilmu sains. Suatu kemajuan teknologi yang ada di abad ini dengan teknologi yang lebih stabil dengan membuat sebuah cadangan semua barang kebutuhan menjadi lebih stabil.

Revolusi industri yang ada di Inggris saat itu di abad ke 18 adalah langkah awal dengan adanya penemuan suatu teknologi baru yang ada di bidang pertanian, industri , manufaktur, pertambangan, dan lain-lain.

Kemajuan sains tersebut sangat membuka peluang teknologi besar masuk ke dalam arah yang lebih maju, dan lebih modern daripada di jaman sebelumnya. Di akhir abad ke 19, dan di awal abad 20’an akhirnya teknologi di bidang teknologi transportasi, sudah berkembang diantaranya dengan terciptanya kereta api.

dan juga pesawat terbang yang akan membantu seseorang untuk berpergian ke luar yang sangat jauh.

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *