Mengenal Sistem Kerja di Negara Jerman

Bagi anda yang ingin menimba pengalaman bekerja di luar negeri. Maka Jerman adalah salah satu tujuan negara yang direkomendasikan. Jika sebelumnya anda tidak mempunyai pengalaman dengan negara jerman.

Anda bisa melalui beberapa proses untuk mencoba mengenal sistem kerja di jerman. Salah satunya dengan mencoba dahulu sistem pemagangan di jerman selepas lulus sekolah menengah atas. 

Sistem pemagangan kerja di jerman selepas sekolah menengah atas disebut dengan Program ausbildung Jerman. Program ini merupakan salah satu cara pemerintah jerman membuat sumber daya manusianya untuk siap dengan dunia industri ketika mereka berada di bangku kelas menengah. Baru kemudian nanti bisa memilih untuk lanjut ke universitas atau pendidikan vokasi.

Ausbildung sendiri juga dibuka bagi siswa internasional, termasuk dari indonesia untuk magang bekerja di industri jerman. Sebenarnya tidak hanya industro, tetapi juga sektor jasa lainnya. Seperti sektor pendidikan, sektor wisata dan sektor kuliner. Pemagangan ini sifatnya adalah separuh belajar dan separuh bekerja

 Dimana siswa ditempatkan pada dua proses yang berbeda. Proses pertama adalah belajar teori dan kemudian proses kedua belajar praktek langsung di lapangan industri atau pekerjaan. 

Beberapa perusahaan memisah antara proses teori dengan proses bekerja. Sementara beberapa yang lain mencampur dengan sistem separuh teor kemudian bekerja, kemudian separuh teori lagi. Sistem magang ini untuk beberapa perusahaan mendapat gaji separuh dari total gaji penuh. Sementara beberapa sektor jasa malahan kita yang harus membayar. 

Proses magang ausbildung ini sendiri membutuhkan kemampuan bahasa jerman dasar. Jadi, jika kamu merasa ingin bergabung dengan ausbildung tetapi kemampuan bahasa jerman masih pas-pasan. Akan lebih baik untuk memperfasih bahasa jerman terlebih dahulu. Baru kemudian melamar program ausbildung untuk melihat sistem pekerjaan di jerman. 

Selain ausbildung sendiri, anda bisa mengikuti program homestay yang ditawarkan pemerintah jerman. 

Program homestay ini lebih ke arah mengenal budaya jerman lebih mendalam untuk tinggal selama setahun dengan keluarga jerman. Program ini dinamakan aupair. Jika anda tertarik dengan program pemagangan kerja ausbildung dan aupair.

Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu ke lembaga konsultan pendidikan seperti Virtu Education. Melalui informasi virtueducation, anda akan dibantu dalam proses pendaftaran hingga diterima dan diberangkatkan dalam program ausbildung atau aupair. 

Termasuk dalam proses pengurusan visa juga. Karena apa? Karena jika anda berminat dalam proses magang kerja seperti ausbildung. Maka pengajuan visanya bisa jadi berupa visa kerja di jerman.

Dimana jerman memiliki sistem kerja yang amat berbeda dengan Indonesia. Artinya visa kerja yang diajukan harus sesuai dengan apa yang anda lakukan di Jerman, jika anda melanggar, maka anda bisa diancam untuk dideportasi kembali ke Indonesia. 

Pasca proses magang atau mencoba mengenal jerman dari bawah. Anda bisa melamar langsung bekerja di perusahaan jerman atau industri jerman.

Tentunya yang anda lamar dibuka untuk pekerja internasional atau pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi anda. Beberapa industri di jerman yang favorit seperti industri perkapalan, industri telekomunikasi, pesawat terbang, kimia hingga alat-alat berat.

Membutuhkan pekerja-pekerja internasional. Di jerman sendiri, sistem kerja di industri-industri tersebut rata rata diisi pekerja campuran internasional. Seperti pernah diceritakan Habibie saat menjadi wakil presiden sebuah perusahaan pesawat.

Bahwa ketika dia melakukan proses penguatan mental karyawan-karyawan dari Indonesia agar tidak terlalu sering berkumpul saat proses PHK. Karena nanti akan menimbulkan kecemburuan dari pekerja internasional lainnya. 

 

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *