Apa Itu Interior Ruangan? Pahami Elemen-elemen pada Desain Interior

Apa itu interior ruangan? Desain interior pada dasarnya adalah proses perencanaan, penataan, dan perancangan ruang dalam (interior) di dalam sebuah bangunan. 

Tujuan utama desain interior ruangan rumah adalah agar penataan fisik ruang yang dilakukan dapat memenuhi kebutuhan bernaung dan berlindung bagi penghuninya. Apakah tujuan lain dari desain interior?

Apa Itu Interior Ruangan? Tujuan Dilakukannya Desain Ruangan 

Selain sebagai tempat bernaung, ruang dalam juga berperan dalam mempengaruhi suasana hati, pandangan, dan kepribadian para penghuninya. Keadaan fisiknya juga bisa memengaruhi aktivitas dan mengekspresikan gagasan para penghuninya.

Oleh karena itulah Kita sangat membutuhkan jasa interior ruangan untuk merenovasi dan bisa dikatakan fungsi desain interior tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik. Desain ruang dalam juga memperkaya ruang secara estetis dan meningkatkan nilai psikologis bagi interior ruang tamu minimalis.

Terdapat beberapa elemen yang harus diperhatikan saat melakukan desain. Elemen ruang desain interior adalah terdiri dari berbagai elemen dasar. Mari lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui elemen-elemen tersebut.

Apa Itu Interior Ruangan? Inilah Elemen-elemen yang Harus Diperhatikan dalam Desain Interior 

Sebuah proses desain tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pembuat desain harus memperhatikan penggunaan elemen interior adalah dan contohnya, seperti garis, bentuk, dan ruang. Berikut adalah elemen dasar yang perlu diperhatikan:

Garis 

Garis merupakan unsur dasar seni, yaitu sebuah tanda yang dibuat terus-menerus pada permukaan. Berbagai jenis garis, horizontal, vertical, zigzag, dan lainnya akan membentuk karakter dan visualisasi ruang yang menarik. 

Garis horizontal dapat membuat ruangan kelihatan luas. Adapun garis vertikal memberikan visual ruangan yang lebih tinggi. Garis dinamis seperti zigzag, lengkung, dan diagonal akan memberikan karakteristik yang berbeda pada ruangan. 

Bentuk (Form

Elemen bentuk (form) dalam interior dan eksterior adalah lingkaran, bujur sangkar, dan segitiga. Selain dua dimensi, Anda bisa menambahkan bentuk tiga dimensi seperti perabotan dan pernak-pernik lain. 

Menata perabot dengan bentuk dekorasi yang serupa akan menimbulkan kesan harmonis. Sebaiknya jangan menyusun terlalu banyak bentuk yang berbeda di dalam ruangan agak tidak menghasilkan tampilan ruang yang berkesan “tabrak lari.’

Bidang (Shape)

Bidang berfungsi untuk membatasi ruang yang satu dengan yang lain. Bidang terdiri dari tiga bagian, yaitu bidang atas yang dapat dimisalkan sebagai bidang atap. Kemdian bidang dinding, yaitu bidang vertikal yang membatasi ruang.

Bidang terakhir adalah bidang dasar, merupakan pendukung fisik dan dasar bentuk bangunan. Contoh bidang dasar adalah bidang lantai, yang menjadi pendukung kegiatan penghuni di dalam ruangan.

Ruang (Space)

Ruang adalah bentuk tiga dimensi yang merupakan landasan interior tempat Anda berkreasi menciptakan visual yang menarik dan harmonis. Ruang dapat dibagi menjadi dua, yaitu ruang negatif dan positif.

Ruang negatif adalah ruang kosong di antara elemen dan perabot. Sedangkan ruang positif adalah ruangan yang berisi objek. Anda harus menyeimbangkan antara positif dan negatif agar ruang tidak tampak sesak atau terlalu kosong. 

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa untuk mempercantik keindahan ruangan ada baiknya disekat menggunakan berbagai macam partisi mulai dari menggunakan partisi kaca, partisi kayu hingga partisi gypsum.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu interior ruangan? Selain elemen yang dsebutkan di atas, terdapat juga elemen lain seperti pencahayaan, waran, pola, dan tekstur. Semuanya harus diatur seimbang agar menarik secara visual.

 

This entry was posted in Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *