Sejarah Singkat Pendirian Raksasa Internet

Internet terus berkembang maju dan pada tahun 1994 Jeff Bezos mendirikan Amazon yang kini dikenal sebagai e-commerce terbesar di dunia. Disusul oleh Google tahun 1998 yang mendirikan kantor pertamanya. Di awal tahun 2001 Jimmy Wales dan Larry Sanger mendirikan Wikipedia yang kini sangat terkenal dan banyak diakses. Tidak berhenti di situ, pada tahun 2004-2005 Facebook didirikan dan Youtube melakukan launching di tahun berikutnya.

Mulai dari kelahiran Facebook inilah revolusi sosial media dimulai. CEO Google Eric Schmidt memperkenalkan ‘cloud computing’ dalam industrinya. Saat ini teknologi yang mereka kembangkan kita kenal sebagai ‘The cloud’. Pada tahun 2007 handphone canggih atau smartphone mulai diperkenalkan dan menjadi laris manis di pasaran. Para konsumen tidak lagi membutuhkan komputer untuk online.

Baca Juga: Apa Itu Interior Ruangan

Internet bisa didapatkan selama pengguna smartphone terhubung dengan internet nirkabel. Jadi dimana saja dan kapan saja, internet tetap bisa terhubung dengan lancar. Mulai dari tahun 2013 hingga sekarang,

lebih banyak data yang diakses sepanjang sejarah manusia. Beberapa perkembangan antara lain Apple watch yang dikeluarkan Apple, Google glasses yang diluncurkan Google. Saat ini lebih dari setengah populasi manusia di dunia adalah pengguna internet.


Internet di Indonesia Mulai Muncul Tahun 1990

Apabila sejarah internet di dunia sudah dimulai sejak tahun 1900 bagaimana dengan Indonesia? Munculnya internet di Indonesia adalah tahun 1990 dimana jaringan internet adalah paguyuban network. Para pelaku yang mengembangkan internet di Indonesia sudah ada sejak tahun 1980. Mereka adalah adalah mahasiswa ITB, Universitas Indonesia dan beberapa universitas lainnya.

Awalnya mereka hanya belajar paket radio pada band 40 namun mengembangkan hingga pada TCP/ IP. Informasi kemudian berkembang dari mahasiswa yang kuliah di luar negeri dan mengembangkan internet. Pada tahun 1990 di Indonesia mulai dikembangkan tentang pola mailing list melalui host server ITP dan egroups.co. Mailing list menjadi jaringan yang sangat tepat untuk membangun komunitas internet yang ada di Indonesia saat itu.

Pada tahun yang sama komunikasi jarak jauh dilakukan antara Onno W. Purbo yang berada di Kanada dengan rekan di Indonesia. Alat komunikasi yang digunakan adalah PC/TXT dan walkie talkie dengan band 2 meter. Sistem komunikasi yang dibuat sangat lancar dan terus menerus dilakukan.

Perkembangan muncul di tahun 1992 dimana PaguyubanNet. menggunakan IP pertama yaitu domain AMPR.org. Sistem ini menjadi tumpuan BPPT, LAPAN, ITP dan UI. Tahun 1994 ISP komersial yaitu IndoNet pertama kali beroperasi. Awal mula masih menggunakan mode teks yaitu shell account, email client pine, browser Lynx dan server AIX.

Pada tahun 1995, Clarissa menyediakan Telnet ke luar negeri dengan remote browser Lynx di AS. Sehingga para pengguna internet di Indonesia bisa mengakses internet. ISP pertama di Indonesia adalah IPTEKnet dan terhubung dengan bandwidth 64 Kbps. Kini internet di Indonesia telah berkembang dan dapat digunakan dengan cepat. Bahkan menurut survey tahun 2014 saja penggunanya sudah mencapai 88,1 juta orang.

This entry was posted in Teknologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *